Jumat, 14 November 2014



LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
ENGLISH HYPNOTHERAPHY
Yayasan Generasi Indonesia Mandiri (YASGIM) Akta Notaris No. 05-05-2000 Notaris Yugiyowati Zubaedi Pribadi, SH
Jl. Imam Bonjol No.1  Slawi (kampus Akademi Bahasa Asing) '. 0283 6032110     E-mail : masterofenglishhypnotheraphy@gmail.com

A.    PENDAHULUAN
Indonesia adalah Negara peringkat ke 30 dalam penguasaan bahasa Inggris di kalangan pelajar maupun umum, menurut penelitian lembaga ENGLISH FIRST (EF) yang berpusat di Amerika. Kita ketinggalan dengan Negara Turki yang masuk peringkat 10 besar. Butuh kerja keras bagi kita untuk mengejar ketinggalan dengan Negara lain yang peringkatnya lebih baik. Tentu ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Upaya kerja keras harus diwujudkan dengan berbagai metode yang inovatif untuk memudahkan pengajaran bahasa Inggris.
Di Pare Kediri ada kampung Inggris yang masyarakatnya antusias suka berbahasa Inggris. Sehingga kampungnya banyak dikunjungi pelajar pelajar di seluruh Indonesia yang mau belajar bahasa Inggris. Dan Indonesia patut berterima kasih kepada masyarakat kampung Inggris karena kampung Inggris masuk daftar kampung terbaik di lembaga English First (EF).
Kita, yang tinggal di Tegal, jangan kalah semangat dengan masyarakat kampung Inggris yang sudah tumbuh sejak lama. Kita punya potensi menciptakan kampung Inggris yang lebih beda dengan yang lain bila didukung oleh berbagai pihak. Partisipasi saya dalam mendirikan kampung Inggris di Tegal adalah belajar bahasa Inggris dengan metode Hypnotheraphy.
Saya ingin memperkenalkan metode hypnotheraphy yang tidak dimiliki oleh master hypnosis manapun. Metode hypnotheraphy of English lesson adalah ciptaan saya sendiri. Metode ini unik, sederhana dan mudah dipraktekkan oleh siswa SMP.
B.     APA ITU HYPNOTHERAPHY ?
Menurut Asosisiasi Hypnotheraphy di Inggris (www. Hypnotheraphy.co.uk), Hypnotheraphy is the key that enables the vast power of the mind bring about positive and beneficial changes ( Hipnoterapi adalah “Kunci” yang memungkin kekuatan besar pikiran menghasilkan perubahan positif dan bermanfaat ).
       Hypnoteraphy adalah teraphy dengan hypnosis. Hypnosis merupakan ilmu tentang komunikasi dengan pikiran bawah sadar. Hypnosis adalah cabang ilmu psikologi yang sudah diaukui oleh badan dunia WHO, tidak ada hubungannya dengan magic maupun supranatural karena basis dari hypnosis adalah komunikasi.
Praktek hypnotheraphy of English lesson adalah teraphy dengan meditasi dan doa selama 5 menit kemudian materi yang dibaca oleh master hypnotheraphy di hadapan siswa sebagai sebuah  sugesti  yang masuk dalam pikiran bawah sadar, sehingga mudah dihafal dan difahami. Meditasi dan doa adalah proses relaksasi yang menciptakan kondisi gelombang alpha naik ke gelombang tetha pada otak, dimana kondisi alpha merupakan kondisi yang paling penting untuk menembus pikiran bawah sadar yang bisa membuka 88 persen  kekuatan bawah sadar. Sedangkan kondisi tetha adalah kondisi otak yang mampu berfikir secara jernih.
Proses relaksasi dalam hypnotheraphy tidak membuka critical factor seperti stage hypnosis yang dilakukan Romy Rafael dan Uya Kuya, tetapi fokus pada memaksimalkan kemampuan otak berfikir untuk mengingat.
      Di lembaga kami, penggunaan metode hypnotheraphy untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan menghafal. Dan sudah membuktikan banyak siswa SMP, MTs, SMA/K, MA dan mahasiswa bahkan siswa SD mampu menghafal  pola kalimat aktif dan pasif dengan sekali relaksasi selama 50 menit, dan  hasilnya tidak tulen (metu klalen). Harapan kami metode ini bisa diterima oleh semua pihak, karena sangat membantu kesulitan siswa dalam menghafal dan memahami materi dasar English Structure for Conversation, yang wajib dimiliki oleh siswa.
C.    TUJUAN
Tujuan metode Hypnotheraphy adalah membantu siswa agar cepat menguasai grammar for conversation dan meningkatkan semangat belajar bahasa Inggris.
D.  MANFAAT
-     Cepat mengusai materi bahasa Inggris yang disajikan secara terpadu.
-     Meningkatkan  kepercayaan diri untuk menghadapi test/ujian di sekolah.
-     Menguatkan daya ingat bagi siswa yang telah mengikuti hypnotheraphy.
-     Meningkatkan kemandirian belajar bahasa Inggris.
E.  SISWA & BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH
Mengukur sejauh mana kemampuan siswa membuat kalimat aktif dan pasif terhadap lebih dari seribu siswa sekolah SMU/K & MA swasta di wilayah kabupaten Tegal, dalam rangka sosialisasi Akademi Bahasa Asing oleh dosen-dosen, menyimpulkan bahwa 99 persen siswa tidak dapat membuat kalimat aktif dan pasif dengan benar, yang berakibat pada siswa akan kesulitan memahami dan membuat kalimat tanya sebagai basic conversation. Ketidakmampuan siswa dalam memahami struktur bahasa Inggris disebabkan oleh berbagai factor. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan baru. Metode hypnotheraphy of English lesson mampu mengatasi kesulitan siswa dalam  belajar bahasa Inggris.
F.   BAHASA TEGAL VS BAHASA INGGRIS
Saya melihat bahwa di lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi di Tegal dan Brebes, banyak siswa  dan mahasiswa lebih banyak menggunakan bahasa Lokal (Tegal) dari pada bahasa Indonesia. Maka dalam pengajaran bahasa Inggis di kelas, saya sering menggunakan bahasa Tegal untuk memudahkan siswa memahami penggunaan pola kalimat Tenses.
Beberapa kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Indonesia dan Tegal yang pernah saya lontarkan kepada siswa dan mereka kesulitan menterjemahkannya antara lain :
1.      a.   Saya sedang ditelpon oleh Ibu.
I am being called by mother
b.      Saya sudah pulang dari perpustakaan jam 4 sore kemarin.
I had come from library at 4 p.m. yesterday.
c.       apakah kamu sudah sarapan tadi pagi ?
have you had breakfast this morning ?
d.      ayah akan sudah tiba di jakarta jam 9 nanti malam.
Father will have arrived in Jakarta at 9 pm. Tonight.
e.       apakah kamu sudah mengerjakan PR (pekerjaan Rumah) kemarin?
Did you do homework yesterday ?
f.       Jam berapa ruangan ini akan digunakan untuk rapat ?
What time will this room be used for meeting
g.      Ruangan ini akan digunakan untuk rapat pada jam 9 hari ini
This room will be used for meeting at 9 o’clock today.
h.      Enyong janji. Ngesuk Enyong pan ngancani kancaku andi di rumah sakit jam 3 sore.
I’m promise, tomorrow I will have accompanied my brother in the hospital at 3 pm.
1.    Tanya   :  Bisane koen ora mangkat sekolah jum’at wingi ?
    Why didn’t you go to school last Friday ?
Jawab  :  Enyong wetenge lara. Yen enyong wetenge ora lara, enyong pan sekolah.                
I had stomachache. If I hadn’t had stomachache, I would have gone to     school
2.    Tanya   :  Koen ara diudang Andi pengantenan minggu wingi?
    Didn’t you invited by Andi in his wedding party last sunday?
Jawab  :  Ora. Yen enyong dundang, enyong pan teka ning pesta pernikahane.
                            No. I didn’t. If I had been invited, I would have come to his wedding party.
3.    Tanya   :  wingi enyong weruh koen liwat ngarep umahe enyong, bisane ora mampir ?
Yesterday I saw you walk in front of my home, why didn’t you drive to my   home?
Jawab  :  maap,enyong laka waktu,yen enyong ana waktu, enyong mampir umahe koen
                Sorry, I didn’t have time. If I had had time, I would have driven to your home.
4.    Tanya   :  bapane koen ana ning umah?
    Is your father at home ?
Jawab  :  tembe mangkat ning kantor.
                            he has gone to the office.
         Kesulitan siswa dalam memahami pola kalimat di atas dikarenakan mereka tidak faham 16 tenses, sedangkan materi tenses diajarkan di SMK/SMA/MA secara terpisah mulai dari semester I sampai semester VI. Maka siswa kelas I akan mengenal pola kalimat tenses ke 15 (past future perfect tense) nanti pada semester V, karena memang kurikulumnya demikian.
        Menurut saya bahwa sangat penting sekali bagi siswa kelas 1 SMA/SMK/MA harus hafal lebih dulu 16 tenses, passive voice, conditional sentence & reported speech, karena ke empat bab tersebut adalah materi dasar untuk percakapan dan memahami reading comprehention.
G.    BIAYA HYPNOTHERAPHY
Paket Reguler hypnotheraphy of Speking English (Book One) terdiri dari empat kali pertemuan :
a.     Teraphy pertama  hafal 16 tenses dan 16 pola kalimat                       Biaya  Rp.20.000,-
b.    Teraphy 2 hafal 64 pola kalimat & Wh,yes/No Question                   Biaya  Rp.20.000,-
c.     Teraphy ke-3 hafal 32 pola kalimat pasif                                            Biaya  Rp.20.000,-
d.    Teraphy ke-4 mampu membuat kalimat Conditional                          Biaya  Rp.20.000,-
e.     Teraphy ke-4 mampu membuat kalimat Reported  Speech.               Biaya  Rp.20.000,-
H. MATERI ENGLISH HYPNOTHERAPHY
Materi hypnotheraphy of English lesson terdiri dari 4 bab, antara lain :
BAB I      Tenses
BAB II     Passive Voice
BAB III   Reported Speech
BAB IV   Conditional sentence
     Untuk menguasai ke-empat bab tersebut dibutuhkan beberapa kali terapi, sekali terapi kira-kira satu jam. Adapun bahan materi bahasa Inggris yang akan disugestikan telah dijabarkan seperti dalam buku karangan saya “HYPNOTHERAPHY FOR ENGLISH”.
     Siswa yang telah mengikuti hypnotheraphy of English lesson bisa langsung speaking dari materi yang telah hafal lewat sugesti mendengar dan menulis dan akan semakin kuat hafalannya bila siswa itu rajin menulis di rumah serta berimajinasi mengungkapkan aktifitas sehari harinya dalam bahasa Inggris. Selain itu siswa dapat membuat pola kalimat sendiri secara benar, berbeda dengan pengajaran bahasa Inggris di sekolah yang hanya menulis rumus-rumus pola kalimat seperti dalam buku grammar.
     Tenses akan mudah difahami oleh siswa tanpa harus menghafal definisinya, dengan cara sugesti penjiwaan makna pola kalimat tersebut. Jadi siswa bisa langsung menebak tenses yang keberapa apabila saya mengetes dengan ungkapan dalam bahasa Indonesia dan Tegal (Lokal).
I.  PENUTUP
Programini murah, semata-mata memberi apresiasi bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Tegal. Kritik dan saran kami harapkan dari siapapun akan memberi kemajuan saya pribadi dan siswa-siswi yang mengikuti kursus di lembaga kami.
Terimakasih Kepada Dinas Dikpora yang telah memberi dukungan dengan mengeluarkan rekomendasi., dan  masukan dari rekan-rekan dosen Akademi Bahasa Asing (ABA-IEC Putra Bangsa Tegal) serta dukungan berbagai pihak.
Atas perhatian dan kerjasamanya dari Bapak/Ibu Kepala sekolah, saya ucapkan banyak terimaksih.

Slawi, 27 Agustus 2014
                                               
Alvin Nurhidayat
Tutor English Hypnotheraphy





1 komentar:

  1. assalamualaikm,
    maaf mau nanya apakah belajar dengan metode hypnotherapy menjamin bisa lancar berbicara bahasa inggris dengan cepat ? boleh kah saya dikirimi e-book gratis ?. handoko di surabaya

    BalasHapus

Unordered List

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget